4 Kuliner Khas Rokan Hulu yang Sayang untuk Dilewatkan, Nikmat Abis!

Saat berkunjung ke suatu daerah, setiap orang pasti memiliki keinginan untuk mencicipi kuliner khas yang menjadi ikon dari daerah tersebut. Seperti halnya saat menginjakkan kaki di kabupaten Rokan Hulu, provinsi Riau.

Kabupaten dengan pusat pemerintahan di Pasir Pengaraian ini memiliki beragam kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan, mulai dari makanan berkuah hingga camilan yang garing dan renyah.

1. Kokek asam durian

Kokek asam durian memiliki cita rasa unik yang nendang di lidah. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat hidangan ini terdiri dari ikan, saus asam durian, bawang merah, kunyit, serai, cabai merah, cabai rawit, dan tomat.

Mula-mula bumbu-bumbu tersebut dihaluskan menggunakan blender. Setelah halus, masak bumbu dengan ikan di atas perapian yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Setelah matang, kokek asam durian bisa disajikan dengan petai.

2. Anyang pangkek

Jika diperhatikan dengan saksama, tampilan anyang pangkek mirip seperti urap di Jawa. Bahan utama untuk membuat hidangan ini adalah pakis, rotan, umbi yang masih muda, dan santan.

Biasanya masyarakat Rokan Hulu menyantap acitrapratiwi.com anyang pangkek sebelum memakan nasi. Agar cita rasanya lebih segar, jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis.

3. Gulai ikan salai

Di kabupaten Rokan Hulu, gulai tidak berisi daging ayam ataupun daging kambing. Tapi berisi daging ikan, salah satunya ikan salai. Bumbu rempah-rempah yang diperlukan meliputi bawang merah, bawang putih, serai, asam, jahe, lengkuas, daun kunyit, dan daun salam.

Mula-mula haluskan semua bumbu tersebut dan masak bersama santan. Kemudian masukkan ikan salai, lalu rebus hingga matang. Sajikan dengan daun bawang agar rasanya lebih sedap.

4. Ikan selais asap

Ikan selais asap merupakan ikan yang https://chaika-tm.com/ telah melalui proses pengasapan dalam waktu yang lama untuk menghasilkan cita rasa daging ikan yang sedap dan gurih.

Ikan selais asap bisa dikonsumsi dengan sambal balado atau saus yang terdiri dari berbagai macam bumbu rempah-rempah. Menyantap ikan selais asap paling tepat bersama nasi yang masih hangat.

Previous post Ini 4 Tempat Wisata di Kabupaten Pelalawan yang Wajib Anda Kunjungi
Next post How Your Business Can Benefit from Elearning?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *